Minggu, 18 Mei 2014

Wanita Terbaik


     Pernah beberapa kali dalam hidup ini ku terpikir tentang sesosok wanita yang nantinya akan berada disebelah ku dan menjalani semuanya bersama. Walau belum waktunya, tapi ini mungkin hanya khayalan maya belaka. Sampai saat ini, masih banyak hal yang belum ku lakukan. Masih banyak prioritas yang belum tercapai. Tapi tak ada salahnya kan mencari calon dengan kriteria yang pas dan cocok. Dan menemukan ini, semoga bisa menjadi sedikit pelajaran dan referensi untuk sahabat semua.

قِيلَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ النِّسَاءِ خَيْرٌ قَالَ الَّتِي تَسُرُّهُ إِذَا نَظَرَ وَتُطِيعُهُ إِذَا أَمَرَ وَلَا تُخَالِفُهُ فِي نَفْسِهَا وَمَالِهَا بِمَا يَكْرَهُ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya; siapakah wanita yang paling baik? Beliau menjawab: “Yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, taat jika diperintah suaminya dan tidak menyelisihi suami dalam diri dan hartanya dengan apa yang dibenci suaminya.”(HR. An Nasa’i, shahih).

  • Menyenangkan jika dipandang suami
     Menyenangkan jika dipandang suami bukanlah semata soal kecantikan fisik. Tetapi ini lebih pada inner beauty; kecantikan yang bersumber dari dalam jiwa. Wajahnya memancarkan aura keteduhan karena sering kena air wudhu, dan semakin indah dengan senyum saat bertemu suami. Dan akan lebih mantap jika seorang wanita menutup auratnya sesuai dengan syariat. Pasti kecantikan dari dalam akan semakin memancarkan cahayanya. 

  • Mentaati jika diperintah

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ

“Laki-laki adalah pemimpin bagi wanita” (QS. An Nisa’: 34)
     Laki laki adalah pemimpin bagi wanita. Wanita yang paling baik adalah wanita yang mentaati suaminya ketika diperintah. Sepanjang perintah itu tidak bertentangan dengan syariat Allah Subhanahu wa Ta’ala. Betapa beruntungnya seorang istri yang berhasil melepaskan segala egonya dan hidup bahagia bersama suaminya. Ia mentaati perintahnya dan tidak mendurhakainya. Dan ia pun memenuhi syarat untuk menjadi wanita terbaik menurut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
  • Menjaga dirinya dan harta suaminya
     Ciri ketiga wanita terbaik adalah, ia menjaga kehormatan dirinya dan menjaga harta suaminya terutama ketika suaminya sedang pergi. Ia senantiasa menjaga pesan suami dan tidak melanggar hal-hal yang dibencinya.Ia senantiasa menutup auratnya. Menjaga harta suaminya berarti ia tidak menggunakan harta suaminya kecuali dengan izinnya atau dengan kesepakatan mereka berdua.


    Alangkah bahagianya seorang laki laki mendapatkan seorang wanita seperti ini. Untuk para wanita, persiapkanlah diri kalian untuk menjadi wanita terbaik di seluruh dunia dan akhirat. 


~RiskyHalil~ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar